Setelah di Scan Antivirus, File Dokumen Hilang.

Terkadang menemukan solusi atau memecahkan masalah dengan cara tidak disengaja atau tanpa teori, eh ga taunya bisa gitu.

Disini saya bukan lah pakar dalam bidang IT, tapi sekedar memberikan solusi yang telah saya alami secara tidak disengaja.

K

omputer dirumah kebetulan diinstal dengan Os Winndos 2000 dengan sistem FAT32, walupun sebenarnya saya ingin jadikan menjadi NTFS tapi males mindahin data yang udeh numpuk kaya gundukan pakaian kotor yang males untuk dicuci karena udeh terlanjur bau dan buluk. Keputusan menggunakan Os tersebut juga bukan karena pemikiran sendiri tapi saran dari teman yang otaknya agak lebih dari saya, yang katanya Os tersebut lebih stabil.

Prinsip saya, komputer saya tak akan terkena virus bila tidak ada data dari luar komputer masuk ke komputer saya, jadi saya memutuskan tidak menggunakan antivirus di komputer saya dengan alasan anti virus memperberat kerja komputer sehingga terkesan lambat. Ya namanya komputer dirumah tidak hanya saya yang menggunakannya bahkan sampai saat ini saya jarang menyentuhnya.

Tak lama kejadian yang tidak diinginkan terjadi komputer saya terserang virus, kerjanya makin lambat. Terjadi keanehan file dokummen menjadi dua, yang pertama filenya tidak di hide dan yang satu lagi di hide. Ternyata file yang pertama walaupun iconnya dokumen tapi extentionnya exe atau aplikasi, nah inilah virusnya.

Akhirnya saya putuskan saya bawa hard disk ke kantor untuk di scan. Setelah discan file exe tersebut hilang tetapi file dokumen tetap dalam kondisi hide ga bisa di unhide. Ya terpaksa kalo mau dibalikin aga tidak hide, saya buka lalu save as menjadi file baru.

Untuk teman-teman yang mengalami kejadian yang sama terkena virus sejenis, setelah discan filenya hilang maka jangan diformat coba saja di baca pada di Os yang mengunakan sistem FAT32 dan aktifkan show hidden file pada menu tools di Windows Exploer.

 

11 thoughts on “Setelah di Scan Antivirus, File Dokumen Hilang.

  1. mybenjeng Juli 3, 2007 pukul 4:50 pm Reply

    kasusnya sama seperti saya kemaren. atas saran teman, saya buka dos terus ketik:
    attrib -s -h /s /d
    exit
    semoga berguna, salam kenal.

  2. rickisaputra Juli 4, 2007 pukul 6:40 am Reply

    yupz.. pernah juga sih nemuin virus yang sama..
    tapi masih untung, yang kena virus hanya USB Flashdisk, bukan HD.. so, gampang banget nge-scan nya..
    setelah discan, ternyata kapasitas USB FD nya masih tetap, alias tidak berkurang.. padahal isinya dah nggak ada.
    eh ternyata file-file asli nya masih ada, hanya hidden.. dan memang nggak bisa di unhide..
    hehehe..

    dasar kerjaan virus..

    blogwalking, salam kenal.
    regards,

  3. peyek Juli 5, 2007 pukul 4:20 pm Reply

    pendekar blank ya??

  4. Akbar Kadabra Juli 6, 2007 pukul 11:12 pm Reply

    hola..
    saya benci virus!!
    karena tiap kalo AVG saya bekerja, pasti aja nemu virus kecil2 di flash disk saya..

  5. Lintang Juli 9, 2007 pukul 7:30 am Reply

    iya emang biasanya file nya jd hidden. akhirnya ya hrs save as lg, tp gpp yg penting datanya msh ada. makanya perlu banget antivirus apalagi kl selalu terhubung dg jaringan.

  6. Aini Juli 9, 2007 pukul 8:57 am Reply

    salah satu kelebihan pakai FAT32 dia bisa masuk ke dos…
    Kalau tidak terbiasa dengan antivirus mas Irwan bisa bikin duplikat sistem C: nya ke CD, dibuat ghostnya gitu.

    Biasakan untuk tidak nyimpen data di C: nah kalau komputer kena virus dan segala macem bisa di ghost aja… aman kok.
    Yang penting sich rajin bersiin komputer aja, itu juga kan memperlambat akses komp 😉

  7. venus Juli 9, 2007 pukul 1:42 pm Reply

    hwaduh….mudah2an jangan kena virus lagi dah. kapok, saya!! 😀

  8. Irwan Juli 10, 2007 pukul 7:51 am Reply

    @ mybenjeng
    Makasih atas solusinya
    ud saya coba, berhasil

    @ rickisaputra
    Ya sama doong

    @ peyek
    Saya lupa tuh nama virusnya

    @ Akbar Kadabra
    Samma saya juga ga suka

    @ Lintang
    Percuma punya antivirus kalo ga di Update
    Dirumah abisnya ga nyambung ke internet sih jd ga bisa Update.

    @ Aini
    Makasih atas sarannya

    @ venus
    Ya kalo kapok jgn masukin data dari warnet atau rental yg menurut saya itu gudangnya virus.

  9. Mutoha Ar. Februari 4, 2008 pukul 3:03 pm Reply

    Thx atas tricknya. Dokumen saya selamat. Bravo!

  10. irwan Januari 19, 2012 pukul 2:14 am Reply

    Sebaiknya update terus anti virus pada kompi sobat walaupun antivirus gratisan :-d

  11. prisca Juli 11, 2012 pukul 2:01 am Reply

    mas ciri-ciri virus nya sama…
    tapi masalahnya aku coba pake cara diats tapi gk bisa,,
    show hidden file pada menu tools di Windows Exploer udah dikatifin juga..
    apa masih ada jalan lain supaya file yang hilang bisa terselamatkan ya mas,,
    mohon pecerahannya dkirim ke e-mail aku mas..
    prisca_oktaviani_samosir@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

