Cara Ngebersihin CD/DVD Butek

Terkadang rasa penasaran dan kebiasaan iseng mencoba-coba bisa jadi mendapatkan hal yang berguna walaupun kita tidak tahu ilmunya.

 

B

erawal dari komputer kesayangan yang mulai manja dan terkadang sering ngambek sehingga sering sekali menampilkan pesan-pesan error atau pun stag heng dll. Udah di scan dikantor tetep aja kejadiannya malahan tambah ga beres ada file yang hilang. Maklum karena pengetahuan yang terbatas, setahu saya jurus terakhir yaitu Ciaaaat…. jebret instal ulang program. Setelah instal ulang baru deh bingung ngubek-ngubek cd program yang berantakan gatau dimana mereka berada, pas ketemu udah ga karuan kondisinya.

Sebagian program telah terinstal dengan baik namun, ada beberapa yang tak dapat berjalan pada saat penginstalan. Ya dibilang penting ya ga tapi, dibilang ga penting nanti kayanya butuh untuk program yang satu ini di cd yang kelihatannya bagus tapi cdrom ba-bi-bu bacanya, ngos-ngosan akhirnya gagal diinstal.

Biasanya kalo ada masalah yang belom selesai dan ud mumet saya tidur dulu, ga peduli masih berantakan yang penting gw ga mo setres cuma untuk yang kaya gini. Ga lama terdengar suara yang membuat mimpiku terputus, ada yang menyuruhku merapikan apa yang ku acak-acak tadi. Setelah bangun kulihat komputer masih pada kondisi semula tak seperti di filem kartun ada kurcaci-kurcaci yang membereskan kerjaanku ternyata tidak tapi, emang bukan itu tujuanku tidur.

Cd bermasalah itu ku bolak-balik, ku lihat dan timbul iseng di otak saya. Pertama saya coba bersihin cd pake sabun cuci cair terus di bilas dan di keringin tapi, hasilnya ga berubah. Untuk yang terakhir saya melihat ada pemutih pakaian tergeletak di bawah tempat cuci piring, ku coba bersihkan cd dengan sabun cair dahulu dibilas dengan air lalu ku tuangkan pemutih pakaian perlahan merata kepermukaan cd lalu ku usap dengan tisu secara merata dan dibilas dengan air, selanjutnya dikeringkan, setelah kucoba tenyata penginstalan berhasil dengan sukses. Hal tersebut ku coba juga untuk cd atau dvd video ternyata bisa, yang tadinya gambarnya patah-patah eh jadi patah semua lancar.

Ternyata keisenganku berguna juga walaupun banyak juga gagalnya yang tidak saya ceritakan disini, semoga berguna bagi teman-teman yang mempunyai masalah yang sama

Iklan

18 thoughts on “Cara Ngebersihin CD/DVD Butek

  1. mybenjeng November 7, 2007 pukul 3:59 am Reply

    lebih bersih lagi mestinya direndam dulu trus gosok pake sikat… 🙂

  2. Irwan November 8, 2007 pukul 4:39 am Reply

    Itumah Cd yg laen (Celana Dalem).
    Namanya jg iseng sekedar coba2, tadinya malah mo pake pembersih lantai, hidrogen peroksida (H2O2) karena ga ada ya ngapain kalo cume iseng aja jd bikin keluar modal/duit.

  3. venus November 9, 2007 pukul 2:28 am Reply

    heh? pake pemutih pakaian? wuih…beneran bisa?

  4. Irwan November 9, 2007 pukul 6:09 am Reply

    Ya kalo ga percaya coba aja.
    Ga ada ruginya cuma beberapa tetes aja pemutih pakaian.
    Teorinya sih, pemutih pakaian itu membuat kotoran yang berwarna gelap menjadi putih, seperti sulap air teh menjadi bening pada saat diaduk dengan sendok yang telah dicelup kedalam pemutih pakaian.
    Kotoran gelap yang menyelip di sela2 goresan halus pada cd/dvd menjadi putih, warna putih akan mudah ditembus cahaya.

  5. alex November 13, 2007 pukul 6:38 pm Reply

    Tapi… apa tidak akan ada efeknya terhadap kualitas DVD itu sendiri, Wan?

    Aku jadi ingat dulu pernah ngoles parfum ke DVD. Eh… malah ndak bisa mutar 😐

  6. Irwan November 14, 2007 pukul 4:55 am Reply

    Insya Allah sih ga ada efek ke CD/DVD tapi, kalo ke tangan mungkin ada pada saat kontak ama pemutih pakaian, yg penting pada saat masuk drive CD/DVD harus kering.
    Saya jg pernah iseng pake tiner eh malah bereaksi jd butek ma’lum nilai kimianya jeblog.

  7. qzink666 November 15, 2007 pukul 4:31 pm Reply

    Apa gak sebaiknya pake Lem BiRU? Lempar BelI yg baRU.

  8. Irwan November 15, 2007 pukul 4:37 pm Reply

    Ya biasanya gitu kalo gagal isengnya.
    Tapi kayanya kalo ga diisengin dulu jd penasaran, ga tau knapa.

  9. benbego November 16, 2007 pukul 1:12 am Reply

    sip bos, siap diuji coba nih! btw, rahasianya itu dibikin hakcipta, klo ngga, ntar malah jadi komoditi produsen pembersih cd. 😀

  10. vino November 16, 2007 pukul 6:15 am Reply

    coba pake juga pelicin dan pewangi. pasti kompienya jadi mewangi…coba yuk

  11. antibatakislam November 16, 2007 pukul 8:33 am Reply

    nice 😀

  12. alief November 17, 2007 pukul 6:34 pm Reply

    tips bermanfaat, ntar lek CD ku ada yang butek, tak coba deh 🙂
    trims

  13. Irwan November 19, 2007 pukul 3:04 am Reply

    @benbego & alief
    Silahkan mencoba.
    Hak cipta, ga kepikiran tuh
    @vino
    Boleh tuh, asal jgn di setrika aja.

    @antibatakislam
    nik name-nya serem tuh, ganti ya

  14. Swiwi™ November 19, 2007 pukul 4:07 pm Reply

    nggak sekalian pake asam klorida tah?

    😆

  15. Irwan November 20, 2007 pukul 1:57 am Reply

    Ide yg bagus tuh tapi, coba sendiri ya…
    Saran saya coba buat kumur2 bisa buat lega tenggorokan sampe ga terasa punya tenggorokan.
    Lah namanya jg iseng, silahkan aja.

  16. fetro Desember 27, 2007 pukul 9:24 am Reply

    kalo yang banyak goresnya ngarauh gak ya?

  17. Irwan Januari 1, 2008 pukul 10:01 am Reply

    @fetro
    Namanya jg iseng coba aja, kalo ga di coba ntar penasaran tapi, kalo ga berhasil berarti itu ud nasib.

  18. azegafbingunawan Februari 9, 2009 pukul 5:39 pm Reply

    kalo aku punya kasusu lain ni..stelah cd room di bersihkan pake cd cleaner…eh malah cd room-nya ga bisa baca cd or vcd, knapa ya?kalo ada solusi kasih email aku ya?thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: